Pohpohan|Lalapan khas Sunda kaya antioksidan

Rasa penasaranku terjawab sudah. Ternyata nama lalapan yang dulu sering kujumpai di rumah makan Sunda bernama pohpohan (Pilea Trinervia). Beberapa kali aku menanyakan kepada teman-teman dari Sunda tentang nama lalapan terebut tetapi mungkin karena aku tidak bagus mendeskripsikannya mereka tidak bisa mengidentifikasinya.

Lalapan ini baru kujumpai ketika aku bermukim di Jabar. Bertahun-tahun menggemari lalapan dan sayuran belum pernah sekalipun aku mendapatkan lalapan ini di kampung halamanku di Malang. Bisa jadi ini adalah tanaman asli (indigenous) di Jabar.

Pohpohan (Pilea trinervia) lalapan kaya antioksidan

Pagi ini (terakhir aku menjumpainya tahun 2007) di warung sayur langganan aku mendapatkannya. Secara berkelakar penjualnya mengatakan bahwa ini lalapan langka. Dia menambahkan lalapan ini paling enak dioleskan dengan sambal terasi.

Berdasarkan penelitian Fakultas Ekologi Manusia – IPB sebagian besar dari lalapan asli Indonesia banyak mengandung senyawa antioksidan. Tidak terkecuali pohpohan. Senyawa antioksidan alami tersebut berupa  senyawa fenolik (tokoferol, flavonoid, asam fenolat), senyawa nitrogen (alkaloid, turunan klorofil, asam amino, dan amina), atau karotenoid seperti asam askorbat.

Pohpohan di alam (sumber: dimasanarky.blogspot.com)

One response to “Pohpohan|Lalapan khas Sunda kaya antioksidan

  1. Makasih infonya, cari nama lalapan ini agak susah krn teman hanya memberi tahukan nama sebutan di kampungnya, dicari di gugel tida ada.

Tinggalkan Balasan

