Cerita Seru – Petualangan di JB

Cerita seru ini berawal dari keinginan untuk mencari rute baru setelah berulangkali melewati jalur klasik Bojongmangu. Berawal dari menduga-duga setelah melihat gambaran rute dari Bikemap lalu digabungkan dengan Mbacot Positioning System (alias bertanya di pinggir jalan) maka ketemulah rute alternatif dari Situ Abidin.

Rute yang baru saja kami lewati ternyata sangat menggairahkan dan memacu adrenalin. Jalan makadam yang rusak justru menjadi tantangan dan menjadi pengobat kebosanan akibat selalu melahap jalan beraspal. Pepohonan yang rindang melindungi kami dari panasnya sengatan matahari. Kubangan lumpur maupun air memberikan sensasi cross sountry yang sebenarnya sekaligus memberikan tanda mata berupa cipratan lumpur di baju dan sepeda.

Kebun akasia di Medalkrisna

Trek cross contri Situ Abidin – Medalkrisna ini berpotensi menggantikan atau menjadi alternatif trek Nawit yang sudah melegenda di kalangan XC-er. Sekilas kami melihat banyak jalan-jalan setapak alias single track yang jika dieksplor lebih jaun bisa menjadi trek XC yang menantang dan menggairahkan. Bentang alam di kecamatan Bojongmangu yang berbukit-bukit amat sangat cocok bagi XC-er. Variasi lintasannya jauh lebih bagus dan komplit dibanding Nawit atau Jalur Jatiasih. Bahkan anda tidak bisa meremehkan jalur onroad di trek ini karena tanjakannya yang cukup membuat dengkul menjadi panas.

Trek makadam @ Medalkrisna

Blusukan @ Medalkrisna, Bojongmangu

Ada beberapa lokasi yang bisa menjadi daya tarik rute ini. Pertama adalah Puncak Bojongmangu. Sebuah titik tertinggi di Kabupaten Bekasi dengan ketinggian 95 dpl. Dari tempat ini anda bisa memandang ke lembah sungai Cibeet dan pegunungan Sanggabuana dengan beberapa anak gunung yang berbentuk runcing. Kemudian ada bumi perkemahan Karangmulya. Lalu berjarak sekitar 3 km dari bumi perkemahan terdapat Situ Abidin yang memiliki sebuah pulau kecil di tengahnya. Di lokasi ini terdapat sebuah warung dengan menu soto betawi, masakan sunda, ikan bakar dan es degan yang segar. Kemudian jika kita pulang melalui Medalkrisna ada Rawa Bedeng yang berair jernih dengan luas 7,7 hektar.

Lembah Cibeet di desa Karangmulya. Di sebelah kiri sungai adalah kecamatan Pangkalan, Karawang.

Kendala dari JB (Jalur Bojongmangu) mungkin karena lokasinya yang agak jauh dari keramaian (Jakarta, Bekasi, Cikarang). Meski demikian bagi XC-er sejati lokasi Bojongmangu masih dalam kategori reachable/gowesable. Dari Lippo Cikarang, Situ Abidin berjarak 27 km. Sehingga jika anda tidak berbelok-belok atau blusukan saja sudah akan menempuh 54 km pp. Sebuah jarak yang lumayan dan cocok untuk mengeluarkan keringat apalagi medannya yang berbukit-bukit. Tertarik mencoba JB?

Perkiraan treknya bisa diintip di bikemap.net

Lippo Cikarang - GITET - Pasir Kupang - Bojongmangu - Situ Abidin - Rawa Bedeng - Medalkrisna

Iklan

11 responses to “Cerita Seru – Petualangan di JB

    • banyak goweser lain yang lebih bersemangat, dengan pengalaman dan skill yang lebih mumpuni. ane hanya goweser baru yang mencoba menuliskan setiap pengalaman gowes :). salam kenal

  1. pha kbr omm,mau tanya lagi nii..saya ada rencana sm teman2 mw ke trek JB,klo dr lippo cikarang rutenya lewat mana n parkir mobilnya yg aman di mana.trims Om..salam Gowes.

    • kabar baik, om 🙂
      rutenya: kantor pusat lippo cikarang – elysium – cicau – gardu induk cibatu – pasir kupang – situ rawa bedeng – bumi perkemahan karangmulya – situ abidin. parkir yang aman di kantor pusat lippo cikarang (operator: secure park). saya tidak tahu tarif parkir untuk mobil tetapi kalau motor tarifnya flat 1000 rupiah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s