Kendala kita, berkah mereka

Beberapa hari ini aktivitas b2w sering terganggu oleh hujan yang rajin turun lagi. Ada kalanya ketika semangat sedang tinggi hujan tidak menjadi kendala sama sekali. Tetapi ketika semangat sedang turun atau terserang virus malas turunnya hujan seolah menjadi pembenaran untuk berhenti b2w setidaknya selama beberapa hari. Itulah yang kualami sehingga minggu kemarin gagal gosabri. Gosabri libur selama dua hari akibat hujan yang tidak berkompromi.

Lalu aku tersentak ketika libur Paskah kemarin blusukan ke desa-desa di Kecamatan Bojongmangu. Petani-petani tampak tersenyum dan sumringah karena sawah mereka yang sebagian besar merupakan sawah tadah hujan kini terairi lagi. Hilang sudah kecemasan di wajah mereka akan musibah gagal panen padahal padi mereka tinggal menunggu beberapa minggu lagi agar siap dipanen.

Sawah di Bojongmangu

Aku teringat dua minggu yang lalu sebelum turun hujan ketika aku melintas di rute yang sama. Aku melihat pipa-pipa karet berjejer di pinggir jalan. Sementara suara mesin diesel menderu di kejauhan menyedot air dari sungai Cipamingkis. Setidaknya mereka menggelar jaringan pipa karet sampai 1 km untuk mendapatkan air. Pasti butuh puluhan liter solar untuk mengairi sawah sebanyak itu.

Selalu ada sisi positif dari kendala yang sedang kita hadapi. Ketika kita menemukannya maka tidak ada lagi sikap menggerutu. Semangat pun bisa berkobar lagi. Rupanya ketika Tuhan sedang menguji semangat dan komitmen kita untuk b2w dengan turunnya hujan selama beberapa hari ini Dia juga sedang menurunkan berkah bagi petani smile .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s