Ayah – novel terbaru Andrea Hirata

Bertema politik absure (mungkin maksudnya absurd). Begitu dilansir beberapa media elektronik tentang novel baru Andrea Hirata, yang berjudul Ayah. Di bulan Februari Andrea berkata bahwa novelnya akan terbit dua bulan lagi. Itu artinya jika tidak ada kendala novelnya bakal meluncur bulan April ini. Meski demikian ketika diwawancarai di Palembang dia mengatakan bahwa novelnya bakal terbit bulan Juni.

Ayah - novel terbaru Andrea Hirata (sumber: mizan.com)

Jika selama ini novel Andrea lebih banyak berkisar tentang pendidikan dan keluarga tentunya tema baru ini bakal menarik. Aku tidak tahu apakah absurditasnya seperti novel-novel Iwan Simatupang. Ketika aku membaca novel Iwan Simatupang saat masih SMA, aku merasa temanya sangat berat. Bahasanya pun susah dicerna.

Padahal selama ini novel Andrea terkenal dengan bajasanya yang mengalir dan gampang dicerna walaupun banyak memasukkan istilah-istilah ilmiah (ekonomi, fisika dan matematika). Menurutku bukan ciri Andrea untuk membuat sastra bagi segmen tertentu. Selama ini karya karya Andrea bisa dinikmati oleh siapa saja. Atau bisa saja Andrea sedang berusaha mengeksplorasi kemampuan menulisnya dengan memasuki jenis sastra yang mungkin kurang populer. Menariknya lagi bahwa genre/gaya penulisan ini dikembangkan/dipilihnya setelah mendapat beasiswa penulisan di Iowa.

Dia tidak mengaku ketika ditanya apakah novel Ayah masih berhubungan dengan novel-novel sebelumnya. Bagiku berhubungan atau tidak dengan novel sebelumnya karya Andrea memang menarik untuk dibaca. Kalaupun masih berhubungan dengan novel sebelumnya kita akan melihat sampai sejauh mana kisah tentang kampungnya (masyarakat Melayu Belitong) bisa dikembangkan  menjadi sebuah novel yang menarik.

Jika novel barunya benar benar terputus dari novel sebelumnya maka menurutku ini akan menjadi pembuktian bagi Andrea sebagai seorang penulis berbakat yang bisa mengangkat cerita apapun menjadi sebuah karya sastra bermutu yang lepas dari bayang-bayang (mendompleng popularitas) Laskar Pelangi.

Desain cover novel Ayah sudah ditampilkan oleh penerbit Bentang pada saat Islamic Book Fair kemarin, Maret 2011. Sebuah cara promosi/teaser yang bagus bagi penggemar Andrea.

About these ads

36 responses to “Ayah – novel terbaru Andrea Hirata

    • Iya nih. Padahal janjinya paling telat bulan Juli 2011. Justru 11 Patriot yang lebih dulu terbit.

      Mungkin peluncurannya mengambil momentum Indonesia Book Fair 2011 (24 Npv – 4 Des 2011)

  1. hye… i’m also searching for this novel… if it’s already published in Indonesia..
    kindly update coz its reallly hard to find some of andrea hirata’s books here in Malaysia.. thanx..

    • Finally, I guess that 11 Patriot = Ayah. One year delay is uncommon in publishing. I think they have altered the title :). 11 Patriot tells a story about “father, soccer and Indonesia”.

      • really, i got 11 patriot at pesta buku kuala lumpur.. if it really ayah which the title changed, its okay then…

        terima kasih ya.. pembaca d msia juga tengah menunggu novel andrea hirata yang baru..

        kindly inform if there’s any update

      • well, it’s just my opinion. someone said that even in 11 patriot there’s an advertisement about ayah. so they must be a different novel.
        i hope there will be a good news in indonesia bookfair 2012 (15-25 november 2012) about this novel

  2. masa iya? tapi sebelas patriot bercerita tentang ayah nya ikal sih…
    aahh yang pasti saya pgn cpet bukunya keluar… kapan yah??? mhon informasinya….

    • posting ini sudah usang. sepertinya novel tersebut tidak akan pernah ada. menurutku judulnya sudah diganti menjadi 11 Patriot.

      itu kalau kita bandingkan bocoran tema cerita novel Ayah dengan tema/jalan cerita 11 Patriot. nahh kalau yang ini mudah ditemukan di toko-toko buku :)

      • kabarnya..bg andrea cm mw nerbitin di luar negeri aja krn bosan sama para pembajak…itupun aku dapat dr posting yg udah agak usang jg, aku jg udah nanya lgsung ke email manajemen bg andrea, renjana organizer,msh dlm minggu ini tp belum ditanggapi….11 patriot lain lg kan, ttg semangat persebak bolaan gtu deh..aku udah baca…

      • sayang sekali kalau begitu. kabar yang beredar memang begitu. meskipun novel2nya (asli) menjadit best seller tetapi yang beredar dalam bentuk bajakan lebih besar lagi.

      • sayang sekali kalau begitu. kabar yang beredar memang begitu. meskipun novel2nya (asli) menjadit best seller tetapi yang beredar dalam bentuk bajakan lebih besar lagi.

  3. saya jg nunggu ni novel ”ayah” udh 2 thn saya nnggu, tp gk terbit2. .
    udh saya cari lwat online, smua toko buku,
    ayo dong saya mohon terbit bku’y, klw gk jd terbit saya bsa kecewa bngt sma bang andrea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s