Bandara internasional dengan standar pelayanan lokal

Embel-embel internasional di depan nama sebuah bandara belum tentu menjamin kualitas pelayanan maupun fasilitasnya berkualitas. Ada lima bandara yang pernah kusinggahi selama ini. Masing-masing adalah Bandara Internasional Sukarno-Hatta, Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Daegu International Airport dan Incheon International Airport.

Dari kelima bandara internasional tersebut Incheon International Airport memang layak menyandang kata internasional. Bukan hanya karena bandaranya disinggahi oleh maskapai dari berbagai negara tetapi karena pelayanannya memang berkelas dunia. Daegu International Airport pun berkelas dunia hanya skalanya lebih kecil.

Sementara bandara internasional di Indonesia masih sebatas menyandang kata internasional tetapi pelayanan dan fasilitasnya masih jauh dari kelas dunia.

Fasilitas pemindaian penumpang & bagasi di bandara

Contoh paling mudah adalah fasilitas transportasi dan informasi. Bandara-bandara berkelas dunia memiliki fasilitas transportasi yang amata sangat memadai dan tepat waktu. Sementara bandara kita angkutan massalnya masih mengandalkan bus yang seringkali harus berputar-putar dulu sampai penumpang penuh baru berangkat. Di Incheon hal ini tidak akan terjadi. Tepat jam 10:00 walaupun di bus hanya ada 1 penumpang ia akan tetap berangkat sesuai jadual dan rutenya.

Lalu informasi tentang bandara di Indonesia juga sangat minim. Kalaupun ada situs resmi bandara tetapi isinya kurang informatif dan detil. Incheon International Airport memiliki situs infornasi bandara yang demikian lengkap. Peta bandara menunjukkan semua tempat-tempat penting seperti praying room, immigration desk, convenience store, money changer, halte bus, check in desk, duty freeshop dll.

Berbagai ketentuan penerbangan termasuk diantaranya benda-benda yang terlarang dibawa ke kabin pesawat pun bisa diakses dengan mudah. Begitu juga informasi mengenai berbagai macam akses transportasi. Jam keberangkatan, rute dan lokasi haltenya bisa didapatkan dengan mudah.

Kebersihan toilet, penyejuk ruangan, penerangan/lampu, troley, kenyamanan ruang tunggu adalah kondisi minimum dari sebuah bandara yang menyandang kelas internasional. Jika hal itu saja masih banyak kekurangan masih layakkah kata internasional disandang oleh bandara-bandara kita?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s