Gowes Lippo Cikarang – Curug Ciherang

Setelah mencoba sebanyak 3x akhirnya berhasil juga melibas rute Lippo Cikarang – Curug Ciherang sebotol penuh dengan total jarak tempuh 109,8 km. Pertama gowes hanya setengah botol dari Desa Dayeuh. Lalu yang kedua hanya mencapai Batu Tumpang karena fisik tidak fit.

Meski demikian keberhasilan ini sudah menyentuh limit kemampuan menggowes. Oleh karena itu ambisi untuk melibas rute Cikarang – Cipanas harus dibarengi dengan kondisi fisik yang lebih kuat dari sekarang.

Mengolah sawah (pemandangan dari warung)

Berangkat jam 06:00 dari rumah tiba di Curug jam 12:30. Beruntung di tengah jalan bertemu dengan rombongan Cibarusah (Om Kosasih, Om Agus dan Om Martin) sehingga gowes tidak terasa sepi. Gowes kali ini memakai slogan Ranger yang terkenal “Kalau gowes bareng Ranger tidak akan ditinggal.. minimal ditunggu di tempat tujuan“. Berhubung sudah memasang target harus mencapai curug maka dengan terpaksa aku ngacir duluan dengan mengurangi frekuensi istirahat sehingga meninggalkan tiga teman dari Cibarusah.

Sukamakmur – Curug Ciherang memang tanjakannya super ngehe. Salah satu yang cukup panjang dan curam adalah tanjakan BTS menjelang Batu Tumpang. Walaupun sebelumnya sudah terdapat banyak tanjakan tetapi tanjakan ini adalah tanjakan pertama yang mewakili profil dari tanjakan-tanjakan ke Ciherang. Setelah melewati tanjakan BTS maka kita akan menemui beberapa tanjakan serupa.

Warung dengan pemandangan terbaik

Mendaki dari ketinggian 400 mdpl hingga 900 mdpl hanya dalam rentang 6 km memang benar-benar menguras tenaga dan menguras cairan tubuh. Selain itu jalanan yang minim pohon karena di kiri kanan jalan adalah persawahan membuat kita terpanggang matahari. Beruntung di rute ini banyak terdapat warung-warung di pinggir jalan terutama menjelang Curug Ciherang.

Bagi anda yang menyukai tanjakan rute ini sangat layak dicoba. Sukamakmur bisa dicapai dengan mudah dari arah Jonggol maupun Citeurep. Beberapa kali aku bertemu dengan rombongan dari Sentul, Depok dan Bogor. Begitu juga hari ini ada rombongan dari arah Jonggol yang diangkut dengan mobil pick-up. Nampaknya rute ini cukup populer.

Rute Lippo Cikarang - Curug Ciherang (klik untuk memperbesar)

Selain Curug Ciherang tujuan lain yang populer adalah Gunung Batu. Dari arah Curug Ciherang tanjakan ke lokasi ini nampak di kejauhan seperti ular. Jika kita menggowes dari Jonggol atau Cikarang maka pulangnya bisa menempuh rute yang berbeda. Bisa ke arah Mengker atau Cariu.

Jadi Curug Ciherang dan Gunung Batu bisa anda masukkan dalam bank rute gowes akhir pekan. Tetapi jangan lupa untuk selalu membawa Surat Ijin Menggowes dari pasangan kita 🙂

Curug Ciherang

Gunung Batu - dilihat dari arah Ciherang

 

Portugal

Iklan

15 responses to “Gowes Lippo Cikarang – Curug Ciherang

  1. Mantabs selamat masbro…apakah sudah terbayar rasa penasarannya…???btw sudah byk goweser yg lewat jalur itu???
    Wah mdh2an dgn adanya tulisan ini bisa semakin rameneh en tenar ☺B-| Ơ̴̴͡.̮Ơ̴̴̴͡.

    • Akhirnya bisa juga gowes penuh. Tengkyu om, sudah memperkenalkan trek ini.

      Bagi goweser Sentul, Citeureup dan sekitarnya nampaknya rute ini cukup populer. Termasuk bagi ekspat yang tinggal di kedua lokasi tersebut. Ini dari penuturan pemilik warung katanya banyak bule bersepeda di situ. Pas gowes kedua ane sempat bertemu dan ngobrol dengan dua orang bule, John dan Bill, di pertigaan Sukamakmur. Mereka baru melibas rute Gunung Batu.

  2. Sayang om ane cm sampai di pertigaan yang ke curug ciherang padahal om bilang cuma tinggal 300 m lagi, tapi sampai sana pun kayanya dengkul sudah panas sekalimpuan ane sudah sampai bataskema, lain kali kitacoba ke gunung batu

  3. Gunung Batu manteb jgtuh kynya om,,,ane ada kenalan tempat juga disana (daerah nyencle) jadi bisa numpang ngaso (kalo perlu nginep) tuk lanjut ke pinus – cipanas…welehweleh… 😀
    yang ane pernah baca2 dari (mbah gogle) trek ni byk yg ambil dari arah kota bunga sampai curug cipamingkis om (jalur sebaliknya)

    • jalur turun kurang menantang om. tinggal menggelindingkan sepeda 🙂
      sebagian besar goweser pasti bisa.
      ng-uphill ke Cipanas mau dicoba setelah lebaran?

      • Bener masbro,,,insya alloh ane sdh lama gak gowes jarak jauh lgneh..
        skrg2 lagi ketagihan maen yg offroad2-an dulu 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s