Indonesia merupakan tempat sampah terbesar di dunia

Salah satu kelakar terbaru adalah Indonesia merupakan tempat sampah terbesar di dunia. Mengapa demikian? Karena di Indonesia orang bisa membuang sampah semaunya di mana saja dan kapan saja, anywhere anytime. Tidak heran jika dari puncak gunung hingga tepi lautan (bahkan mungkin sudah ke tengah) sampah berserakan.

Tanpa rasa bersalah sedikitpun orang-orang tersebut membuang sampah seenaknya seolah-olah bumi hanya untuknya, seolah-olah tidak ada hari esok dimana anak cucunya akan menempati bumi yang sedang ia kotori. Atau bisa jadi mereka tidak berpikir panjang, tidak pernah berpikir bahwa yang ia lakukan jika terakumulasi sekian lama dan dilakukan oleh banyak orang akan membuat bumi ini sesak, tidak nyaman, tidak subur, berbau, beracun karena sampah dimana-mana.

Mungkin selama ini kita sudah mengajari anak-anak kita, murid-murid kita untuk membuang sampah pada tempatnya. Tetapi kita sering lupa untuk menyediakan tempat tersebut. Tidak heran jika halaman sekolah penuh dengan sampah berserakan, demikian juga sebuah lapangan di depan kantor kecamatan. Kalaupun ada tempat-tempat umum yang bersih seringkali itu setelah disapu oleh petugas kebersihan bukan akibat tersedianya tempat sampah dan hasil dari kesadaran dan disiplin membuang sampah.

Tempat sampah di sebuah halte

Well, jika kita ingin mengajarkan sesuatu maka alat praktek dan contohnya harus ada. Bagaimana mungkin kita mengajari mereka untuk membuang sampah pada tempatnya tetapi kita tidak menyediakan tempat sampah tersebut? Bagaimana mungkin mereka akan membuang sampah pada tempatnya sementara orangtua ataupun guru yang merupakan panutan mereka melakukan hal sebaliknya.

Leave nothing except your footprint. Aku sangat menghargai kredo ini. Kemanapun kita pergi hendaknya selalu ingat dengan kredo ini. Mulai dari diriku sendiri maka aku selalu membawa pulang (jika tidak ada tempat sampah di perjalanan) botol-botol minuman yang sudah kosong yang kukonsumsi selama bersepeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s