Prosesor AMD seri E membuat komputer murah tidak murahan

Ketika aku melihat laptop murah merek Asus seharga 3,4 juta aku menjadi bertanya-tanya kenapa harganya bisa semurah itu. Ternyata kuncinya terdapat pada prosesor. Laptop tersebut memakai prosesor AMD E-350.

AMD E-350 ditujukan untuk komputer entry level yang selama ini diisi oleh prosesor Intel Atom series.

Para pengguna Atom selama ini banyak yang komplain tentang kinerja CPU yang lambat (respon Windows yang lambat, perpindahan antar aplikasi yang lambat ketika multitasking) dan kinerja GPU yang rendah (tidak bisa memainkan game terbaru dan tampilan video yang tidak sempurna). Meski demikian sebagian orang menganggapnya wajar karena harga prosesor Atom yang murah (ono rego ono rupo).

AMD E-350 bermaksud membalik semua anggapan itu. Mereka bermaksud menciptakan prosesor murah tetapi kinerja CPU dan GPU-nya lebih bagus daripada kinerja prosesor Intel Atom.

Meski demikian karena prosesor ini kategori entry level maka kita tidak bisa membandingkannya dengan prosesor Intel i-series. Mappingnya ada pada gambar berikut ini.

AMD vs Intel

AMD vs Intel

Tapi satu hal yang pasti, untuk kinerja yang sama AMD selalu memberikan harga yang lebih murah. Dan itulah yang dicari oleh konsumen yang ingin membeli laptop dengan anggaran minim atau mereka yang benar-benar memikirkan timbal balik antara biaya dan kinerja berapapun anggaran yang mereka miliki.

Jika masih penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh tentang seluk-beluk prosesor AMD E-series silahkan berkunjung ke laman berikut ini:

AMD Unveils “Brazos” Platform for Notebooks and Netbooks

AMD “Zacate” APU First Look: E-350 Performance and Benchmarks

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s