Kailan |sayur hijau nan lezat

Awal perkenalan dengan sayuran jenis ini saat makan tumis di bandara. Penasaran dengan rasa dan teksturnya yang cocok di lidah aku mulai browsing dan bertanya ke teman-temanku yang biasa berpetualang kuliner.  Walaupun menemukan jalan buntu secara kebetulan beberapa hari berikutnya aku mendapatkannya di toko sayur dekat rumah. It’s kailan/gai-lan (Brassica oleraceae var. alboglabra).

Pagi ini aku  bertemu lagi dengan sayur ini saat berbelanja untuk makan sahur. Murah. Hanya 2000 rupiah seikat.

Jika kita terbiasa memasak tumis kangkung maka kita bisa memakai bumbu yang sama untuk memasak kailan. Untuk mempercantik dan menambah rasa kita bisa memasukkan potongan udang, tahu atau irisan tomat.

Sayur ini cocok untuk hidangan cepat saji karena proses memasaknya tidak rumit. Setelah irisan bawang merah dan bawang putih dan cabai merah ditumis setengah matang, kita bisa memasukkan sayuran ini ke dalam wajan bersama dengan potongan tahu atau udang.

Tomat bisa kita tambahkan belakangan agar tidak terlalu layu/hancur.  Bersamaan dengan itu kita bisa menambahkan kecap, vetsin dan garam agar rasanya semakin sedap. Masak dengan api kecil dan tutup wajan agar sayur masak merata. Angkat tumis sebelum kailan menjadi terlalu layu.

Mudah kan? Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s