Paradoks Honda Jazz vs Yamaha Vega-R

Sore ini si Vega R mengajak mampir ke SPBU Pertamina karena perutnya keroncongan. Sesuai dengan spesifikasinya ia harus minum Pertamax walaupun masih bisa meminum Premium karena rasio kompresinya berada di perbatasan antara Premium-Pertamax.

Ketika Vega-R sedang diisi  sebuah Honda Jazz mampir ke SPBU dan langsung mengisi BBM tepat di samping Vega-R. Awalnya biasa saja tetapi ketika tahu gagang pengisi BBM berwarna kuning pemilik Vega-R langsung tertawa.

Sebagai catatan, Honda Jazz V-Tech memiliki rasio kompresi 10.1 : 1 (All New Jazz 10.4 : 1) sedangkan Vega-R rasio kompresinya 9.1 : 1. Sebuah perbedaan rasio kompresi yang bagaikan langit dan bumi. Anda pasti bisa menebak BBM yang sesuai untuk masing-masing kendaraan tersebut.

Bagaimana tidak lucu jika pemilik motor dianggap lebih mampu dibanding pemilik mobil bagus 🙂

Premium adalah BBM bersubsidi hanya untuk golongan tidak mampu (sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8095540)

Iklan

4 responses to “Paradoks Honda Jazz vs Yamaha Vega-R

  1. tergantung motornya Cak. kalau motor sampeyan seperti V-ixion, Jupiter MX, atau Satria F150 ya mau tidak mau harus minum Pertamax atau Pertamax Plus malah.

    kalau motor butut seperti punyaku diisi Premium masih pantes lah. tapi kalau motor sport dengan rasio kompresi tinggi masih minum Premium hanya ada dua kemungkinan.
    1. pemiliknya tidak mengerti mesin (spesifikasi motor)
    2. ga punya duit

  2. masalah pemilihan BBM tidak selamanya berkaitan dengan kompresi… Sistem pendingin air juga bisa membuat kompresi tinggi masih bisa menggunakan bbm premium. selain itu pemajuan atau pemunduran titik bakar busi kan bisa diatur sehingga oktan rendah bisa digunakan di mesin kompresi tinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s