Tidak sempat sahur? Banyak temannya kok

Terlambat bangun dan tidak sempat sahur?
Jangan cemas. Banyak temannya. Kok bisa?

Di bulan Agustus ini saudara-saudara kita yang berada di belahan bumi utara sedang mengalami musim panas di mana siang lebih panjang daripada malam. Kota-kota atau negara-negara yang berada pada lintang 60 atau lebih (misal: Oslo, Stockholm, Helsinki, St. Petersburgh, Anchorage), puasanya minimal bisa sampai 18 jam.

Nah jika anda tidak sempat sahur dan sebelumnya tidur pada jam 10 malam dan sempat makan atau minum dulu maka jika ditotal sampai dengan saat berbuka keesokan harinya adalah 20 jam. Tidak berbeda jauh dengan mereka yang saat ini berpuasa pada lintang 60 ke atas di belahan bumi utara :). Meski demikian kita akan kehilangan berkah dari sahur.

Garis (imajiner) Lintang pada Bumi (sumber: http://www.visualdictionaryonline.com)

Inilah hikmah dibalik kalender komariah (lunar calendar). Saudara-saudara kita yang berada di lintang tinggi di belahan bumi utara dan selatan secara bergantian akan mengalami puasa dengan hari panjang maupun pendek. Sebagai contoh, mereka yang tinggal di Wellington, Sidney, Cape Town, Buenos Aires kini berpuasa dengan hari yang lebih pendek. Ketika nanti Romadon jatuh pada bulan Januari maka mereka akan berpuasa dengan hari yang panjang. Jika dirata-rata maka lamanya jam puasa tersebut akan sama.

Bayangkan jika penanggalan Islam memakai kalender syamsiah (solar calendar) maka akan ada mereka yang selamanya berpuasa dengan jam panjang dan mereka yang berpuasa pada hari pendek. Tidak adil bukan?

Misalnya Romadon dipatok pada bulan Agustus maka mereka yang berada di lintang tinggi belahan bumi utara akan selamanya berpuasa dengan jam yang panjang . Dan mereka yang berada di lintang tinggi belahan bumi selatan akan selamanya berpuasa dengan jam yang pendek.

Karena itu jika kita melihat pemeluk Nasrani maka mereka yang tinggal di Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Argentina, Uruguay dan Chili tidak akan pernah mengalami white Christmas alias Natal bersalju.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s