Merangkai Nusantara dengan jembatan|Jembatan antar pulau di Indonesia

Setelah berhasil menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura dengan jembatan Suramadu sepanjang 5,4 km maka kita sudah memiliki kemampuan untuk membangun jembatan lain dengan dengan panjang yang sama. Atau beberapa tahun lagi untuk membangun jembatan yang lebih panjang.

Dengan jumlah pulau lebih dari 13000 maka Indonesia memiliki banyak pulau-pulau yang terpisah dari daratan utama. Meski demikian banyak diantaranya yang terpisah dengan jarak kurang dari 10 kilometer yang secara teknis dan ekonomis bisa dihubungkan dengan jembatan. Ini adalah potensi dan tantangan bagi para insinyur Indonesia. Bukan tidak mungkin jika kelak negara kita akan menjadi kiblat bagi teknologi jembatan antar pulau.

Tabel jarak antar pulau di Indonesia*

Jika kita mampu menyatukan pulau-pulau tersebut maka perekonomian akan semakin maju karena distribusi barang dan jasa menjadi semakin cepat, efisien dan murah. Mobilitas masyarakat akan semakin tinggi yang pada akhirnya akan memacu aktivitas perekonomian di sepanjang jalur tranportasi tersebut. Mobilitas orang, barang dan jasa tidak lagi terkendala faktor cuaca yang selama ini selalu menghantui transportasi laut.

Ketika nanti perekonomian kita sudah kuat dan kita sudah menyatukan pulau-pulau utama di Indonesia kita akan mengintegrasikan sistem tranportasi kita dengan Singapura dan Malaysia (Asian Highway) melalui jembatan Selat Malaka.

Jembatan Selat Malaka (Sumatra-Johor, Batam-Singapura dan Batam-Bintan)

Ada dua alternatif untuk membangun jembatan Selat Malaka. Pertama dengan rute Dumai-Pulau Rupat dan Malaka dengan lebar selat mencapai 38 km. Kedua dengan rute Indragiri Hilir-Pulau Kundur-Pulau Bela-Pulau Papan-Pulau Parit-Pulau Karimun-Johor dengan lebar selat mencapai 17 km. Tentu dibutuhkan teknologi tinggi dan investasi besar untuk mewujudkannya.

Jembatan Selat Malaka akan kita bangun bersama Malaysia/Singapura jika dan hanya jika kita telah menyelesaikan Jembatan Selat Sunda dan memperlancar jalur Trans-Sumatra. Tanpa itu semua Jembatan Selat Malaka hanya akan menguntungkan negara tetangga.

Potensi/rencana jembatan antar pulau di Indonesia

*Jarak terpendek antar pulau dihitung secara kasar melalui situs daftlogic.com

Iklan

One response to “Merangkai Nusantara dengan jembatan|Jembatan antar pulau di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s