Gowes|Situ Wanayasa – Margaluyu – Sate Maranggi

Berbekal peta dari Om Hanif Marga maka dimulailah penelusuran trek Situ Wanayasa-Sate Maranggi. Mobil diparkir di Sate Maranggi lalu kami berlima naik ke Wanayasa dengan mobil pikap. Tarif sewa 250 ribu.

Situ Wanayasa - Purwakarta

Survey ini merupakan penjajagan trek untuk acara gowes akbar LGEIN Gowess (Klub Gowes PT LG Electronics Indonesia) yang rencananya akan dilaksanakan ada 19 November. Dari peta, secara keseluruhan  treknya memang berupa turunan tetapi kami harus mengetahui kondisi aktual treknya.

Tanjakan 2 di Wanayasa

Benar dugaan kami. Turunan itu tidak semulus di peta. Setidaknya kami mencatat ada delapan tanjakan yang cukup ngehe. Tanjakan terakhir sekaligus merupakan tanjakan yang terpanjang. Dari kejauhan terlihat berkelak-kelok mengular.

Single track @ hutan pinus

Trek ini merupakan gabungan dari trek onroad, makadam, jalan tanah, jalan beton dan gravel. Sepanjang perjalanan terdapat hutan pinus, hutan jati, hutan mahoni, hutan sengon, hutan karet dan sedikit perkebunan teh. Sebagian besar trek ini memang melintasi areal Perhutani dan PT Perkebunan Nusantara VIII.

The surveyors (Eka, Harun, Freski, Irawan, Tjipto)

Walaupun panjang trek hanya 36 km tetapi trek ini cukup menguras energi dan cairan tubuh. Selain beberapa tanjakan yang bisa membuat dengkul kesemutan juga udaranya cukup panas. Panasnya udara terutama sangat terasa ketika memasuki area hutan jati berbukit-bukit yang ketinggiannya berkisar antara 100 – 300 mdpl tetapi memiliki banyak tanjakan.

Turunan hutan jati

Tanjakan hutan jati

Tanjakan hutan jati

Pentingnya membawa ban dalam cadangan. Bisa jadi ini salah satu gowes terboros. Walaupun hanya berlima tetapi gowes kali ini menghabiskan tiga ban dalam. Uniknya itu semua untuk satu sepeda. Yang lebih mengherankan kempesnya ban dalam itu justru terjadi pada trek mulus jalan tanah. Padahal biasanya ban dalam menjadi kempes/bocor akibat terkena snake bite saat melibas makadam runcing.

Susahnya lagi sepeda yang yang kempes ternyata memakai rim yang tebal dimana valve-nya ternyata 1 cm lebih panjang. Beruntung salah satu sepeda memakai valve model tersebut. Jadilah kami memindahkannya ke sepeda yang kempes lalu ia kami pasangkan ban cadangan yang baru. Baru dipompa cukup keras tiba-tiba saja bannya meletus. Akhirnya dengan bersusah payang kami memaksakan ban dalam dengan valve pendek tersebut. Ujung valve yang hanya muncul 1,5 cm dari rim membuat kami sulit memompanya.

Dari beberapa trek gowes yang pernah kucoba, bisa jadi ini adalah salah satu trek yang paling komplit lintasannya. Jangan meremehkan panjang treknya yang hanya 36 km sebelum anda mencobanya.🙂

Tanjakan terakhir di hutan jati. Mengular di kejauhan

Perkebunan karet

Baca peta. Belok kanan atau belok kiri ya?

Warung sate Maranggi - teh hangat nikmat

Warung sate Maranggi selalu ramai di jam makan siang

Jalur gowes Situ Wanayasa-Sate Maranggi (sumber: http://www.bikemap.net/user/hmarga)

4 responses to “Gowes|Situ Wanayasa – Margaluyu – Sate Maranggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s