Alat-alat elektronik yang semakin kecil dan terintegrasi

Miniaturisasi dan integrasi adalah dua kata kunci pengembangan berbagai perangkat elektronik untuk komputasi, telekomunikasi dan hiburan bahkan navigasi. Pada awalnya pengembangan dari masing-masing perangkat tersebut berjalan sendiri-sendiri tanpa pernah bersinggungan apalagi berintegrasi.

Kita menyaksikan perkembangan perkembangan perangkat telepon dari jaringan kabel analog, lalu digital lalu telelpon nirkabel analog dan akhirnya telepon nirkabel digital baik itu di jaringan GSM  maupun CDMA. Pada awalnya telepon nirkabel tersebut melulu hanyalah perangkat telekomunikasi dengan amat sedikt sekali fitur (hiburan) tambahan. Layar  penampilnya hanyalah layar LCD beresolusi rendah bahkan di awal hanya monokromatik.

Sampai awal 90-an televisi tidak mengalami perkembangan berarti sejak pertama kali ditemukan. Layarnya masih memakai tabung sinar katoda yang tebal dan berat. Setelah itu hadir teknologi layar datar dan tabung gambar yang lebih ramping. Berikutnya hadir teknologi layar PDP yang memungkinkan layar yang sangat lebar.

Kelemahan layar PDP yang lebih berat, panas dan konsumsi daya listrik yang lebih tinggi diatasi oleh teknologi LCD. Hadirnya teknologi LCD (secara massal) ini pada akhirnya merevolusi perangkat-perangkat elektronik lainnya.

Integrasi alat-alat elektronik. Semakin kecil dan menyatu.

Ketika pabrikan LCD berhasil memproduksi layar berwarna yang sangat  tipis dan hemat daya, pada saat yang sama pabrikan prosesor dan chip bisa memproduksi prosesor yang berdaya rendah namun berkecepatan tinggi. Ditambah dengan  teknologi transmisi data nirkabel sudah bisa melakukan pertukaran data berkapasitas besar maka dimulailah proses integrasi itu.

Kini perangkat telekomunikasi yang kita pegang bukan hanya sekedar alat komunikasi saja. Walaupun masih menyandang nama telepon seluler ataupun telepon genggam pada dasarnya ia telah berevolusi menjadi peralatan multi fungsi. Ponsel generasi terbaru sudah menyatukan fungsi telekomunikasi, hiburan, navigasi dan komputasi (ringan).

Ini adalah peringatan bagi para produsen elektronik untuk perangkat-perangkat elektronik yang berfungsi dasar/tunggal, misalnya: monitor, telepon rumah, dekstop komputer, pemutar musik portabel dan (bukan tidak mungkin) laptop. Cepat atau lambat perangkat-perangkat dengan fungsi tunggal tersebut akan ditinggalkan oleh pemakainya karena kini mereka bisa mendapatkan semua fungsi tersebut cukup dengan satu perangkat dalam genggaman saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s