Penerbangan sudah dipastikan delay

Biasanya kemacetan lalulintas, keterlambatan ataupun penundaan penerbangan adalah sesuatu yang tidak terduga, unpredictable. Kali ini lain ceritanya. Dua hari menjelang penerbanganku dengan Sriwijaya SJ590 Jakarta-Makassar aku menerima sms pemberitahuan tentang penundaan keberangkatan selama 40 menit. Besoknya malah ditelpon langsung oleh layanan pelanggan Sriwijaya Air tentang info penundaan tersebut.

Aneh ya dua hari sebelum berangkat kenapa sudah tahu bahwa keberangkatan akan terlambat. Lalu aku teringat dengan insiden tergelincirnya pesawat Sriwijaya Air di Jogjakarta. Bisa jadi penundaan jam keberangkatan ini adalah efek dari penjadualan ulang operasional pesawat mereka karena armadanya berkurang satu.

Sriwijaya Air (sumber:e-tiketpesawat.com)

Bagaimana halnya dengan penumpang Sriwijaya di kota lain yang menjadi tujuan dari pesawat tersebut pada saat hari kejadian? Bisa dipastikan akan banyak terjadi delay. Biasanya maskapai hanya memberitahukan penundaan atau delay itu karena alasan operasional tanpa memberikan penjelasan detail bahwa misalnya ada pesawatnya yang tergelincir. Memang hal ini kurang memuaskan penumpang akan tetapi itu mencegah efek psikologis berupa rasa was-was bagi penumpang.

Jadi ketika ada penundaan pesawat sebaiknya berbaik sangka saja sambil menikmati kompensasi oleh maskapai yang bersangkutan :). Bisa jadi penyebanya adalah hal-hal diluar kendali seperti cuaca buruk atau bandara yang ditutup sementara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s