Demo buruh Cikarang-Cibitung 19 Januari 2012|Jalan tol Jakarta-Cikampek macet total

Rupanya kesepakatan tripartit antara serikat buruh, Pemkab Bekasi dan Apindo belum final. Apindo rupanya masih ngotot mempertahankan gugatannya di PTUN Bandung. Mengetahui hal ini buruh pun meradang.

Dimulai dari kawasan Jababeka dan EJIP buruh pun turun ke jalan. Serikat buruh melakukan aksi sweeping dari pabrik ke pabrik. Sempat terjadi ketegangan di beberapa pabrik dan diisukan ada sedikit insiden perusakan di Samsung dan Epson.

Demo buruh MM2100 - aksi sweeping di depan PT LG Electronics Indonesia

Demo buruh MM2100 - aksi sweeping di PT Lotte Indonesia

Kawasan industri MM2100 juga tak luput dari aksi sweeping. Jam 1 siang buruh mulai terkonsentrasi di dekat PT LG Electronics Indonesia. Untuk menjamin keselamatan karyawan dan aset pabrik perusahaan-perusahaan di kawasan ini menghentikan aktivitas produksinya. Akibatnya massa demonstran pun membludak dan mereka mengalir ke arah pintu tol Cibitung.

Selain melumpuhkan kawasan industri, aksi demo kali iniΒ  juga membuat jalan tol Jakarta-Cikampek macet total di kedua ruas. Buruh memblokir jalan tol di kilometer 31 dan 24. Di kilometer 24 buruh terbagi dalam dua konsentrasi massa. Sebagian berada di gerbang tol Cibitung dan sebagian lainnya berada di tengah jalan tol dibawah jembatan tol Cibitung.

Jam 15:30 sebuah helikopter dari Polda Metrojaya mendarat di kawasan industri MM2100. Kali ini polisi memberikan jaminan bahwa Apindo benar-benar akan mencabut gugatannya di PTUN Bandung. Polisi meminta massa untuk membubarkan diri dan melepaskan blokade jalan tol. Setelah ada jaminan dari polisi ini akhirya massa pun membubarkan diri.

Perjanjian damai sementara Serikat Buruh vs Apindo

Pengehentian aksi demo Buruh Bekasi Bergerak

Buruh bergerak menuju Gerbang Tol Cibitung - MM2100

Kemacetan di pintu masuk kawasan industri MM2100

Demo buruh MM2100 memblokir jalan tol di kilometer 24

Massa buruh berorasi di tengah jalan tol kilometer 24, dibawah jembatan GT Cibitung

Demo buruh MM2100 di tengah jalan tol KM 24

Sebuah helikopter dari Polda Metro Jaya nampak di atas aksi demo buruh

Buruh membubarkan diri setelah ada jaminan dari Kapolda Metro Jaya

 

===========================================================================================

 

Aksi demo buruh 26 Januari 2007 di kawasan BIIE/Hyundai.

Gambar diambil dari area PT Kepsonic

Demo buruh Cikarang 26 Januari 2012 - kawasan BIIE/Hyundai (fotografer: hilaludin -pt kepsonic)

Demo buruh Cikarang 26 Januari 2012 - kawasan BIIE/Hyundai (fotografer: hilaludin -pt kepsonic)

Iklan

59 responses to “Demo buruh Cikarang-Cibitung 19 Januari 2012|Jalan tol Jakarta-Cikampek macet total

  1. Pake sweeping2. Buat cari massa?
    Perusahaan lain yg gak ada hubungannya jadi harus stop produksi.

    Kalo mau miskin jangan ajak2 dong.
    Masih banyak buruh yg mau kerja dengan tenang.

    • memang sangat disayangkan adanya aksi sweeping apalagi yang sampai anarkis dan melakukan perusakan (ada beberapa kasus terutama di Jababeka dan EJIP).

      banyakindustri yang tidak bisa stop/start dengan mudah untuk aktivitas produksinya. jika itu sampai terjadi pasti akan menderita kerugian besar.

      beberapa pabrik berstrategi mengerahkan karyawan non-produksi untuk “diikutkan demo” pada saat sweeping agar produksi tetap berjalan. termasuk di tempat saya bekerja.

      yang sangat sayangkan adalah pemblokiran jalan tol. banyak hajat hidup orang yang terganggu akibat pemblokiran ini.

      kebaikan harus diperoleh dengan cara-cara yang baik πŸ™‚

  2. Laporan yang bagus Mas, saya kemarin juga ikut demo sebentar di MM2100. Kalau saya pribadi sih “kami buruh juga punya hak dapat upah yang layak”. πŸ™‚
    Hidup buruh.

    • setuju. buruh berhak mendapat upah yang layak.
      dan buruh mesti memperjuangkannya dengan cara-cara yang baik πŸ™‚
      jangan lagi sampai memblokir jalan tol. menyusahkan banyak orang

      • Oiya besuk hari selasa ada isu mau demo besar-besaran lagi, benak nggak itu?

        Sekalian minta izin untuk minta foto untuk update di blog saya Mas. πŸ™‚

      • Maklumat BBB mengatakan buruh tidak akan melakukan aksi lagi sampai tanggal 31 Januari 2012.
        Silahkan dipakai gambarnya dengan mencantumkan sumbernya πŸ™‚

  3. Ping-balik: Demo Buruh: Saya pun Ikut Demo « Agung Haryono Weblogβ„’

  4. Ping-balik: B3 Unjuk Rasa Cikarang, Cibitung dan Ejib 2012 « Mencari Ketenangan

  5. mohon informasi terkini untuk kawasan industri cikarang EJIp, Hyunday, Lippo, Delta Silicon, Jababeka 1-2 ?…apakah ada demo/konsentrasi karyawan, terima kasih

      • katanya malah sudah di JB1.. nggak tau mana yang benar ini.. media-media sama sekali nggak ada konsen dgn masalah ini.. update terlambat.. miris ya mas.. untung ada citizen journalism macam ini πŸ™‚

      • sama pak. saya juga lagi bekerja di pabrik, kawasan MM2100. ketar-ketir kalau ada aksi demo lagi, macet. info dari teman, mobil reporter TV-One sudah standby di dekat GT Cibitung dari tadi pagi

  6. memang jadi terganggu aktivitas kerja, tapi yaaa penting juga untuk kesejahteraan teman-teman pekerja di Cikarang.

    syipp…update terus ya Pak, untuk aksi demo hari ini dan seminggu kedepan (plus fotonya juga)

    Thx ya…

    • Seperti biasa, pabrik kami sudah mengeluarkan serangkaian instruksi/petunjuk jika ada demo nanti. Mulai dari pemindahan mobil-mobil ke tempat yg aman, siapa yang harus dilibatkan dalam demo, hingga cara mem-backup produksi agar tetap berjalan.

  7. Isunya besok ada demo lagi,. semoga lebih simpatik, tidak memblokir jalan (tol) dan merusak fasilitas umum. Kasihan masyarakat yang lain yang terkena dampaknya πŸ™‚

    • info jam 09:00 di Patung Kuda, Jababeka II massa buruh dah berkumpul. sebenarnya kalau terkonsentrasi di dalam kawasan industri dan tidak memblokade jalan tidak terlalu berpengaruh

    • MM2100 masih aman. info dari Villa Mutiara, lalu lintas dari arah Cibarusah menuju Lippo Cikarang sudah dialihkan melalui EJIP menghindari perempatan Lippo Cikarang

  8. minta tolong pak informasinya untuk jam 17:00, perkembangan demo bagaimana? untuk kawasan jababka ejip & hyundai….mau pulang ke Vila mutiara cikarang, amankah? lewat mana y Pak…. demo akan bergerak sampai jam berapa?

    • saya melintas di sepanjang jl MH THamrin (EJIP – Lippo Cikarang) kondisinya lancar pada jam 17:00. ada sedikit konsentrasi massa di depan Kalbe Farma tetapi berlangsung tertib

  9. sama pak di tempat ku kerja juga begitu untuk produksi tetap konsentrasi produksi dan untuk karyawan staf yang di turunkan supaya produksi tidak terganggu,wis ra usah kakean komen tak doakan buruh bisa menang atas gugatan apindo.
    aku pernah lihat pernyataan apindo pusat sofyan ga mengenakan kalau bisa cari aja orangnya palu jitoke he…he…he

  10. hidupppppppppp….. buruhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    kutunggu 1 komandomoo
    SAtu,Dua, ti…………..ti……ti…………………..

  11. bagaimana rencana hari ini ?? jangan blokir tol lagi ya…. kasian kalau ada yg darurat : sekarat, melahirkan, or kebelet pup heee… peace brother

  12. Saya pernah jadi buruh bahkan dengan gaji yang sangat minim tetapi insya allah kalau kita pandai mengatur dan bersyukur kita tidak akan mengeluh. Demo boleh saja asalkan tidak merusak dan tidak memprovokasi. Kalau para investor sudah tidak berminat lagi menanam modal disini apa yang bisa kita lakukan, hanya menganggur dan semakin sibuk mencari kerja dengan ribuan pesaing lainnya.

    • saya rasa rekan buruh banyak yang memiliki sikap bersyukur dengan apa yang diperoleh, hanya saja karena kebutuhan yang sudah tidak sanggup dipenuhi karena meningkatnya harga dan lain2, mereka tidak ada cara lain selain “berjuang” memperbaiki nasib.
      jadi, sepanjang tidak merusak, oke-oke saja, toh kalo diliat lebih jauh, keuntungan yang diperoleh perusahaan gede banget kok.
      jarang ada owner yang bilang “wah untung gede tahun ini”. yang mencuat rata2 untung kecil, rugi dan sejenisnya…

  13. Saya memang belum pernah ikut demo, tapi saya pandang sah-sah saja, mas. Lha rekan-rekan kita itu kan nggak ada pilihan lain. Mau ke DPR atau DPRD ? Lha wakil kita lagi sibuk berapa duit yang masuk ke kantong. Mau ke Istana ? Oalah… bisa2 bukan cuma peluru karet yang nyangkut di badan. Yang realistis saja, kalo kebutuhan sudah terpenuhi, laju inflasi dan harga2 tidak mencekik, saya rasa mereka juga males kok demo. Karena kebutuhan dan sikap dari orang yang mengatasnamakan diri “wakil rakyat dan pemerintah” yang nggak jelas, mereka terpaksa turun ke jalan….

  14. Bisa nggak demo buruh besar tidak mematikan penghasilan buruh kecil….. kalo buruh besa demo 3 hari tapi tetap makan…. karena tetap digaji…. tapi buruh kecil ( supir, kuli bangunan, penjaga warung, pnegantar barang) semua kelaparan pulang nggak bawa uang untuk beli beras…..

    inikah yg dinamakan peerjuangan…. untuk memperjuangkan perut kelompoknya dengan sengaja mengakibatkan kelompok kecil kesulitan mencari makan….. atau emang buruh besar itu arogan, picik dan tidak berperikemanusiaan….. jika buruh besar ribut dengan pengusaha … silahkan aja tapi jangan pongah menghalang2gi rakyat kecil mencari makan.

    Dan udah menjadi rahasia umum buruh besar di pabrik2 bekasi kerjaanya korupsi dan kolosi dengan memeras suplier, kontraktor dan juga memeras pengusaha dengan me-markup harga pengadaan….

  15. wahai saudara2 ku, se dara tumpahku jgnlah kta buat lg keributan di negeri kta tercinta ini. karna keributan tak kan pernah dapat menyelesaikan msalah. kta carilah jln keluar yg terbaik. hanya ini harapan saya. Trima kasih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s