Demo buruh Cikarang 26 Januari 2012|Sengketa buruh vs Apindo memasuki babak kedua

Sengketa buruh vs Apindo memasuki babak kedua setelah gugatan Apindo ke PTUN Bandung bahwa penetepan UMK Bekasi oleh Dewan Pengupahan Daerah cacat hukum dikabulkan majelis hakim.

Meski sempat keluar ancaman untuk melumpuhkan kawasan industri tetapi suasana kawasan industri Cikarang hari ini, 26 Januari 2012, cukup kondusif dan aman. Di pagi hari sempat ada beberapa konsentrasi massa di patung kuda Jababeka dan BIIE/Hyundai tetapi secara umum tidak ada aksi sweeping maupun blokade jalan. Mereka hanya berkonvoi di dalam kasawan industri.

Massa buruh terkonsentrasi di belakang PT Denso - MM2100, 26 Januari 2012 pukul 16:30

Beberapa pabrik yang berada di kawasan industri MM2100 sempat mengeluarkan instruksi untuk mengamankan mobil-mobil karyawan dan perusahaan dengan memindahkan tempat parkirnya ke dalam area pabrik. Ini untuk mengantisipasi aksi provokasi oleh demonstran dimana sebelumnya sempat ada aksi pelemparan dengan kerikil.

Di sore hari ada sedikit konsentrasi massa di belakan PT Denso, MM2100. Beberapa buruh yang mengendarai motor nampak bergerombol di perempatan jalan. Beberapa diantara mereka tampak sedang berdialog dengan polisi dan sekuriti kawasan industri.

Konsentrasi massa cukup besar tampak di depan PT Kalbe Farma pada jam 16:30. Aksi berlangsung damai meskipun separo Jl. MH Thamrin tertutup. Lokasinya yang berada di ujung kawasan dan bulevar yang sangat lebar menyebabkan aksi tersebut tidak sampai menimbulkan kemacetan.

Aksi demo buruh di depan PT Kalbe Farma - Delta Silicon I, 26 Januari 2012 pukul 17:00

Perwakilan buruh dari FSPMI tampak sedang menjelaskan poin-poin atau hasil sidang gugatan Apindo di PTUN Bandung. FSPMI juga menghimbau agar buruh menunggu dan bergerak dalam komando serikat buruh sambil menunggu konsultasi mereka dengan FSPMI pusat.

Perwakilan FSPMI menjelaskan hasil keputusan PTUN Bandung, PT Kalbe Farma - EJIP/Delta Silicon I

Iklan

19 responses to “Demo buruh Cikarang 26 Januari 2012|Sengketa buruh vs Apindo memasuki babak kedua

  1. Selamat berjuang teman-teman dan saudara-saudaraku senasib sepenanggungan, kita tidak bisa berharap dari apapun dan dari siapapun selain dari diri kita sendiri dalam memperjuangkan nasib serta harkat martabat kita sebagai karyawan/i ( buruh ) yang selama ini hanya dipandang sebagai pekerja dan pekerja saja dan bukan sebagai mitra kerja bagi perusahaan/pabrik dimana kita membaktikan diri.
    Jika perusahaan2/pabrik2 yang selalu diwakili oleh mereka-mereka yang punya kedudukan dan merasa aman serta berkecukupan karena mendapat fasilitas dari perusahaan yaitu : jepang item / korea item / belanda item / china item ( ” Orang2 kita sendiri ” ) ini mau membuka diri dan menganggap kita sebagai mitra kerja tentu akan ada rasa saling membutuhkan dan akan ada rasa saling menjaga …. tapi sebagai pejuang sejati kita tidak boleh patah semangat hanya karena antek-antek tersebut.
    Mari kobarkan semangat juang kaum buruh diseluruh Indonesia dan di lingkungan Bekasi-Cikarang khususnya untuk selalu bersatu dan sehati dalam memperjuangkan hak yang harusnya menjadi milik kita
    kobarkan semangat dengan meneriakan … ” One for all – All for one ” – ” Satu untuk semua – Semua untuk satu ”
    Hiduppp buruhhhhhhhh !!!

  2. hiduppppppppp…….buruhhhhhhhhhhhh…….sekiranya ini suatu nikmat dan jangan putus asa, ..mari kitasemua berjuang …kutunggu 1 komandomo
    SAtu, Duaaa, Ti…………………

  3. Bekerja jujur…..menerima rezeki halal,kenapa selalu dipersulit padahal tambahan nya tidak kan mampu membuat keluarga lebih sejahtera……hiks

    • saya sangat terkesan dengan komentar saudara yeff… kata2 tidak provokatif dan menyejukan dibandingkan semua komentator. mengapa untuk mendapatkan upah yg lebih besar (hukumnya bukan wajib) kita semua harus melakukan kemaksiatan spt mogok di jam kerja, merusak perusahaan, berkata-kata kotor dan teror serta fitnah. padahal permasalahan buruh dengan apindo, mengapa perusahaan dikorbankan dan disalahkan? inikah yg dinamakan perjuangan? Nabi Muhammad tidak pernah berjuang dengan cara spt itu… astagfirullah..

  4. HATI-HATI ……wahai kawan Buruh!!!, lawan kita sekarang adalah Pengusaha/pemilik Uang..dimana uang dinegara kita saat ini menjadi ” PANGLIMA”, mereka bisa berbuat apa saja diluar batas nalar kita………..WASPADA!!!, WASPADA.!!!………….HIDUP BURUH!!!!!!

    • saudaraku, mengapa karena uang hati kita menjadi tertutup. terlalu banyak kemaksiatan dan propaganda yang kita lakukan hanya untuk uang itu. semua butuh uang, tetapi bukan begini caranya. Allah pasti menolong orang2 yang berjuang dengan kebenaran, bukan dengan perampokan dan pemaksaan. kenapa saat ini FSPMI, SPSI, telah menjadi tuhan-tuhan baru kita? kenapa komando mereka langsung saja tanpa sortir? sweeping adalah perbuatan haram. biarkan orang lain yang masih ingin bekerja dia bekerja… jangan paksa, mereka sedang beribadah sedang berjihad… yang mau demo silakan, tp jangan mencuri waktu jam kerja. itu kewajiban

      • saya juga menyimpan keprihatinan serupa. hari ini mereka menginjak2 rumah kedua kami, yaitu pabrik tempat kami mencari nafkah. saat kami sedang bernegosiasi dengan baik-baik untuk mengeluarkan karyawan dari dalam pabrik mereka menerobos masuk ke dalam pabrik memakai motor dengan gayanya yang ugal-ugalan itu.

        lalu saya juga menerima info mereka menghardik ibu-ibu yang berkumpul di kantin karena mereka capek, sebagian besar dari mereka sudah berdemo pagi harinya. mereka yang menyisir itu kebanyakan naik motor sedangkan ibu-ibu itu pagi harinya berjalan kaki. kita bisa menilai sendiri dari perbandingan ini.

    • kenapa tidak berjuang melalui jalur pemerintah dan DPR spt yg sudah dilakukan untuk Jaminan sosial? itu lebih arif dan bijaksana. tidak ada yang dirugikan loch… tidak ada yang diteror loch

  5. Monggo mas berdemo yang baik, kalau bisa jangan merugikan orang lain, karena semua orang punya hak untuk diperjuangkan… jangan sampai melukai hak orang lain karena kita menuntut hak kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s