Mengelola diri sendiri (dalam praktik)

Untuk berprestasi dalam karir dan hidup anda mulailah dengan mengajukan pertanyaan:

“Apakah keunggulanku?”

Untuk mengindentifikasi keunggulan-keunggulan anda gunakanlah analisa umpan balik. Setiap kali anda membuat keputusan-keputusan penting/kunci, tuliskanlah hasil-hasil yang ingin anda capai. Beberapa bulan kemudian, bandingkan hasil aktualnya dengan hasil yang anda inginkan. Lihatlah pada pola yang anda lihat: Apa hasil yang anda terampil melakukannya? Kemampuan apa yang harus anda tingkatkan untuk mencapai hasil yang anda inginkan? Kebiasaan tidak produktif apa yang menghalangi anda untuk membuat hasil yang anda idamkan? Saat mengidentifikasi peluang-peluang perbaikan, jangan sampai membuang waktu anda untuk area-area keterampilan dimana anda memiliki sedikit kompetensi. Sebaliknya, berkonsentrasi dan perkuat keunggulan-keunggulan anda.

“Bagaimana aku bekerja?”

Dalam hal apa anda bisa melakukan pekerjaan terbaik? Apakah anda memproses informasi paling efektif dengan membacanya, atau dengan mendengarnya saat orang lain mendiskusikannya? Apakah anda menyelesaikan sebagaian besar pekerjaan anda secara individu atau bersama-sama orang lain? Apakah anda melakukan yang terbaik ketika membuat keputusan atau ketika anda memberikan saran kepada orang lain untuk masalah-masalah kunci? Apakah anda menonjol ketika banyak hal menjadi stressful atau anda berfungsi secara optimal ketika banyak hal di sekitar anda terprediksi dengan mudah?

“Apa nilai-nilai terpenting dalam hidupku?”

Apa etika hidup anda? Apa yang anda lihat sebagai tanggungjawab paling penting anda agar hidup anda bermanfaat dan etis? Apakah etika organisasi anda sejalan dengan nilai-nilai etika pribadi anda? Jika tidak, karir anda akan ditandai dengan frustasi atau kinerja yang jelek.

“Dimana aku berada?”

Pertimbangkan keunggulan-keunggulan anda, gaya/budaya kerja dan nilai-nilai yang anda inginkan. Berdasarkan hal-hal tersebut, dalam lingkungan kerja seperti apa anda akan merasa cocok dan pas? Temukan yang paling cocok dan pas, dan anda akan mengubah diri anda dari seorang pekerja biasa menjadi pemain bintang.

“Apa yang bisa kuberikan?”

Pada masa-masa awal, perusahaan menentukan kontribusi apa yang harus diberikan oleh pekerja. Kini, anda memiliki beberapa pilihan. Untuk menentukan bagaimana anda bisa memperbaiki kinerja organisasi anda, pertama tanyakan situasi seperti apa yang dibutuhkan. Berdasarkan keunggulan-keunggulan, gaya kerja dan nilai-nilai anda, bagaimana anda bisa membuat kontribusi terbesar pada kinerja organisasi anda.

Diterjemahkan dari: Managing Oneself, Harvard Business Review, 1999, by Peter F Drucker.

Artikel asli dalam bahasa Inggris dilindungi hakcipta. Terjemahan ini hanya untuk kepentingan pribadi.

Harvard Business Review

Iklan

2 responses to “Mengelola diri sendiri (dalam praktik)

  1. Tulisan yg sangat bagus pak. Dan sangat cocok dipakai untuk mengembangkan diri terutama menambah nilai kita. Persis sama yg dikatakan pak Rhenald Kasali 2 bln lalu d kantor (perkuat keunggulan yg kita miliki masing2) “semua orang punya kelebihan”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s