Mengelola diri sendiri (ringkasan)

Kita berada dalam suatu masa yang penuh dengan peluang yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Jika anda memiliki ambisi, arah dan pintar, anda bisa melesat ke puncak karir sesuai dengan profesi anda, tanpa memandang dari mana anda memulai jenjang karir. Tetapi hadirnya peluang tersebut juga menuntut tanggungjawab. Perusahan-perusahaan saat ini tidak mengelola karir karyawan terdidiknya. Sebaliknya, kita adalah CEO bagi diri kita masing-masing yang menentukan karir kita.

Secara sederhana, terserah kepada kita untuk mengukir tempat kita di dalam dunia kerja dan kita mesti tahu kapan saatnya berubah haluan. Dan terserah kita untuk tetap berkecimpung dan produktif dalam dunia kerja yang bisa mencapai rentang waktu 50 tahun.

Agar dapat melakukan semua ini dengan benar, anda harus bisa menumbuhkan pengertian yang mendalam tentang  diri anda. Apa kekuatan anda yang paing berharga dan apa kelemahan anda yang paling berbahaya? Yang tidak kalah penting, bagaimana anda belajar dan bekerja sama dengan orang lain? Apa nilai-nilai terdalam atau paling mendasar yang anda yakini? Dan dalam lingkungan kerja bagaimana anda bisa memberikan kontribusi terbesar?

Implikasinya sangat jelas, ketika anda menjalankan kombinasi dari  keunggulan-keunggulan dan wawasan atau pengetahuan pribadi anda, anda baru bisa mencapai prestasi yang sesungguhnya.

Diterjemahkan dari: Managing Oneself, Harvard Business Review, 1999, by Peter F Drucker.

Artikel asli dalam bahasa Inggris dilindungi hakcipta. Terjemahan ini hanya untuk kepentingan pribadi.

Harvard Business Review

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s