Akibat bandara Sukarno Hatta kelebihan kapasitas

Mungkin karena landasan pacu untuk penerbangan domestik terlalu padat, malam itu pesawat Lion Air mendarat di landasan pacu nomer 2 yang biasa dipakai oleh penerbangan internasional tepat jam 20:10 WIB.

Awalnya aku tidak menduga bahwa pesawat akan mendarat di landasan pacu nomer 2. Akan tetapi setelah melihat simbol beberapa maskapai asing di beberapa ekor pesawat maka aku menyadari bahwa pesawat yang kutumpangi baru saja mendarat di landasan pacu 2. Dulu pernah beberapa kali aku mengalami hal yang sama dan biasanya perlu waktu yang cukup lama untuk sampai di terminal 1.

Setelah pesawat sampai di ujung landasan pacu maka dimulailah perjalanan menjemukan menuju terminal 1. Rasa capek ditambah kondisi luar ruangan yang gelap gulita sehingga pemandangan pun terbatas menjadikan perjalanan ini terasa menjemukan. Belum lagi kondisi badan yang capek, ingin cepat istirahat dan ngantuk membuat diri ini semakin tersiksa.

Dua kali pesawat harus berhenti karena berpotongan jalan dengan pesawat lain yang menunggu giliran lepas landas. Akhirnya setelah berjalan selama 30 menit pesawat baru sampai di terminal 1. 30 menit yang terbuang percuma hanya untuk perjalanan dari landasan pacu ke terminal bukanlah waktu yang singkat. Bagi mereka yang terburu-buru waktu selama itu akan sangat berarti. Bisa jadi akibat molor 30 menit itu mereka akan ketinggalan bus terakhir di malam hari, atau terlambat mengikuti kegiatan yang sudah direncanakan masak-masak. Begitu juga bagi penjemput akan menjadi bete karena setelah pesawat mendarat keluarga mereka belum muncul juga.

Bandara Sukarno Hatta memang sudah terlalu sesak. Bandara ini sudah mencapai dua kali lipat kapasitas normalnya dengan jumlah penumpang kurang lebih 60 juta per tahun. Bandara baru di Bekasi atau Karawang diharapkan bisa mengurangi beban bandara ini. Semoga🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s