Cara mengecek usia dan mengorek sejarah pesawat yang kita tumpangi

Apakah pesawat yang kita tumpangi masih baru? Jika pesawat lama, maskapai mana saja yang pernah mengoperasikannya? Apakah pesawat tersebut benar-benar milik maskapai bersangkutan ataukah pesawat sewaan? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu tentu pernah terlintas dalam benak kita. Berbeda dengan kendaraan pribadi dimana data-data kepemilikan dan tahun pengeluaran adalah rahasia, maka pada pesawat terbang data-data tersebut bisa diakses dengan mudah.

Salah satu kegemaranku ketika pulang kampung dengan pesawat adalah mencatat ataupun mengingat-ingat nomer registrasi pesawat yang baru saja kutumpangi. Kadang aku juga mencatat nomer registrasi pesawat-pesawat lain yang sedang parkir di terminal bandara. Begitu sampai rumah dan terhubung dengan internet maka mulailah petualanganku mengecek sejarah dan usia pesawat-pesawat tersebut.

Citilink dengan nomer registrasi PK-GLC

Sebagai contoh pesawat Citilink pada gambar di atas  memiliki nomer registrasi PK-GLC. Ketika kita masukkan nomer registrasi tersebut pada situs http://www.planespotters.net (masih banyak situs lain yang memuat database pesawat sipil) maka tampaklah sejarah kepemilikan dan tahun pembuatan pesawat tersebut.

Ternyata pesawat tersebut pernah dipakai oleh maskapai di Kolumbia, Irlandia dan Hungaria sebelum dioperasikan oleh Citilink. Pesawat tersebut dibuat pada tahun 1998. Jadi kini usianya sudah 13 tahun lebih. Ternyata kursi pesawat yang kita duduki pernah dikentuti orang Hungaria🙂

Sejarah dan usia pesawat Citilink dengan nomer registrasi PK-GLC

*gambar pesawat diunduh dari situs http://www.citilink.co.id/

2 responses to “Cara mengecek usia dan mengorek sejarah pesawat yang kita tumpangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s