Terbang murah bersama Citilink bisa memilih dan mengunci kursi sendiri

Pada masa awal merantau ke Tangerang sekitar tahun 2003-an aku sering memakai jasa Citilink untuk pulang kampung. Sebelum Lionair menggurita seperti sekarang, Citilink adalah pelopor penerbangan murah. Bahkan pernah harga tiketnya sama dengan harga tiket bus. Setelah menikah dan sering pulang kampung ke Sulawesi aku tidak pernah lagi memakai jasa Citilink karena ia tidak memiliki rute penerbangan langsung ke Sulsel.

Hari ini istriku memberitahu bahwa pembelian tiket Citilink secara online memiliki opsi pemilihan kursi dengan tambahan biaya 25.000 rupiah. Bahkan ketika harga tiket ditambah 25.000 total harganya masih lebih murah dibanding tiga maskapai lain yaitu Batavia, Sriwijaya dan Lionair untuk penerbangan Makassar – Surabaya.

Menurutku ini adalah salah satu terobosan besar yang dilakukan oleh Citilink. Fitur layanan pemilihan kursi sendiri amat sangat cocok bagi mereka yang terbang dalam rombongan besar lalu ingin duduk berdekatan. Sepengetahuanku belum ada maskapai domestik yang memiliki fitur layanan seperti ini dalam sistim online ticketing mereka. Apalagi hal ini ditunjang oleh kemudahan opsi pembayaran melalui jaringan ATM Bersama. Maka semakin lengkaplah keunggulan Citilink dibanding sesama low fare airlines yang lain.

Mengeluarkan biaya tambahan 25.000 sepadan dengan kenyamanan yang didapatkan oleh kursi barisan depan. Kursi bagian depan tidak perlu membuat kita mengantri terlalu lama di koridor pesawat karena terhalang  penumpang lain yang sibuk menaruh bagasi. Begitu juga saat mendarat kita bisa keluar lebih cepat. Selain itu kursi bagian depan relatif kurang bising dibanding kursi bagian belakang terutama kursi di samping sayap sampai ekor pesawat. Deru mesin turbojet terasa sekali bisingnya bahkan untuk pesawat terbaru Boeing 737-900ER sekalipun.

Inovasi dan persaingan bebas memang menguntungkan konsumen.

Citilink, Airbus A320-233

 

*gambar pesawat diunduh dari situs http://www.citilink.co.id/

2 responses to “Terbang murah bersama Citilink bisa memilih dan mengunci kursi sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s