Manifes penumpang|Jangan pernah menggunakan tiket atas nama orang lain

Aku pernah melakukan hal bodoh tersebut ketika awal-awal menggunakan pesawat terbang. Saat itu ada sebuah tiket Jakarta-Surabaya yang dicancel lalu sebuah travel menawarkan tiket tersebut kepadaku. Aku tahu bahwa saat check in tiket akan dicocokkan dengan kartu identitas akan tetapi mereka (travel) menjamin bahwa mereka mempunyai orang dalam di bandara yang bisa mengurus hal tersebut.

Ternyata yang dijanjikan travel tersebut tidak terealisasi. Mereka tidak memiliki orang dalam di bandara yang bisa meloloskanku. Akhirnya rencana pulkam pun harus dibatalkan karena aku ditolak saat check in akibat nama pada kartu identitas dan yang tertera pada tiket berbeda. Setelah itu aku menyadari kebodohanku dan tidak pernah mau lagi ditawari tiket atas nama orang lain, bahkan untuk tiket kereta api.

Pentingnya kesesuaian identitas tiket dan pemegangnya  berguna saat pembayaran kompensasi keterlambatan. Maskapai akan memastikan bahwa kompensasi diterima oleh yang berhak. Tentunya dengan verifikasi kartu identitas. Jika tiket tersebut atas nama orang lain bisa jadi kita akan gigit jari.

Apalagi jika sampai terjadi musibah. Maka keseuaian antara data tiket dengan pemegangnya menjadi lebih penting lagi. Misal si A naik pesawat terbang dengan memegang tiket atas nama B. Saat terjadi musibah atau kecelakaan pihak maskapai dan kepolisian kemungkinan akan menghubungi keluarga B berdasarkan data manifes penumpang pesawat. Padahal si B tidak jadi terbang dan mengalihkan tiketnya ke A.

Lalu santunan asuransi pun diberikan berdasarkan data manifes penumpang yang merupakan salinan dari tiket. Bisa jadi si A tidak akan mendapatkan santunan dari asuransi karena tiket yang dia pegang bukan atas namanya dan datanya pun tidak terdapat pada manifes penumpang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s