Menentukan skala prioritas dengan metode Forced Pair Comparison

Forced Pair Comparison adalah sebuah metode atau alat untuk menentukan skala prioritas dari beberapa pilihan. Daftar pilihan tersebut bisa bermacam-macam mulai dari daftar buku, tempat wisata,  ponsel, ataupun kombinasi dari beberapa pilihan yang tidak sejenis. Misalnya anda memiliki empat keinginan yaitu membeli baju, membeli buku, berwisata dan pulang kampung. Sayangnya anggaran anda hanya cukup untuk melakukan dua hal. Maka anda tetap bisa memakai metode ini.

Contoh enam novel yang masuk dalam wish list

Misalnya anda ingin memiliki enam buah novel tetapi anggaran anda terbatas. Anda hanya memiliki uang untuk membeli tiga buah novel. Maka anda  harus memilih tiga novel dari enam novel yang anda inginkan.

Forced Pair Comparison template

Untuk menentukan tiga pilihan terfavorit tersebut anda bisa saling mengadu keenam novel tersebut. Caranya adalah dengan memasangkan keenam novel tersebut satu sama lain dengan bantuan template seperti gambar di atas. Lalu dari tiap pasangan tersebut anda memilih salah satu novel yang lebih anda sukai. Proses ini anda lakukan sampai semua pasangan.

Setelah anda menentukan buku yang lebih anda sukai dari tiap-tiap pasangan maka anda menjumlahkan total skor terpilih dari tiap-tiap buku. Tiga buku yang memiliki skor terbanyak berarti buku itulah yang seharusnya anda beli. Dengan demikian setelah anda melakukan operasi Forced Pair Comparison ini maka novel-novel yang akan anda beli adalah: 1. Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas (skor 5), 2. Bujang dan Puteri Malaka (skor 4), 3. Negeri 5 Menara (skor3)

Aplikasi Forced Pair Comparison dalam menentukan skala prioritas novel-novel yang akan dibeli

Template ini bisa anda perbesar atau perkecil sesuai dengan banyaknya pilihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s