Menentukan pilihan/prioritas dengan metode Weighted Criteria

Jika sebelumnya kita mengenal metode Forced Pair Comparison, kali ini kita akan memakai metode Weighted Criteria. Metode ini cocok untuk menentukan prioritas atau mengambil keputusan di antara beberapa pilihan yang sejenis. Misalnya saja anda bingung menentukan pilihan dari beberapa merek ponsel yang sekelas. Dengan metode ini anda akan bisa membuat scoring sehingga pilihan anda lebih punya dasar pertimbangan rasional yang cerdas.

Untuk kasus pemilihan ponsel, anda bisa menentukan kriteria-kriteria atau spesifikasi yang menurut anda penting. Misalnya saja spesifikasi yang menurut anda penting dan menjadi pertimbangan utama adalah chipset, internal memory, SD card slot, ukuran layar dan resolusi, kecerahan layar, kapasitas baterai, dan fitu penghemat baterai. Jika anda sudah menentukan kriteria tersebut, langkah selanjutnya adalah bergerilya mengumpulkan spesifikasi-spesifikasi dari ponsel-ponsel yang menarik minat anda.

Misalnya kita punya tiga pilihan ponsel dengan spesifikasi sebagai berikut:

Spesifikasi ponsel LG, HTC dan Samsung

Setelah itu anda bisa mebuat template seperti di bawah ini. Masing-masing kriteria/spesifikasi anda berikan bobot sesuai dengan tingkat kepentingan/urgensinya menurut anda. Misalnya anda berpendapat bahwa chipset dan RAM lebih penting dibanding dengan internal memory, maka anda memberikan bobot 5 untuk chipset dan RAM, sementara untuk internal memory hanya 4.

Setelah anda memberikan bobot kepada semua kriteria/spesifikasi maka langkah selanjutnya anda memberikan skor untuk masing-masing pilihan (dalam hal ini masing-masingponsel). Misalnya karena chipset ponsel LG dan HTC lebih bagus daripada Samsung anda memberikan skor 5, sementara untuk Samsung skornya 4. Langkah ini anda teruskan sampai semua kriteria dan pilihan mendaptkan skor. Pilihan yang mendapat skor terbesar itulah yang akan anda pilih.

Hasil perbandingan smartphone LG, HTC dan Samsung dengan metode weighted criteria

Untuk mempermudah, template di atas bisa anda buat dalam MS Excel agar perhitungannya bisa otomatis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s