Berapa total persiapan dana pendidikan per anak?

Sebenarnya tidak terlalu banyak yang harus kita persiapkan untuk dana pendidikan anak kita.

Cukup 200 saja per anak. 200 juta?? Bukan.

Cukup 200 gram emas dengan rincian sebagai berikut. Untuk SD 13 gram, SMP 25 gram, SMA 37 gram dan Universitas 125 gram. Jika dirupiahkan dengan harga emas sekarang (510.000) maka perinciannya adalah: SD = 6.630.000, SMP = 12.750.000, SMA = 18.870.000, Universitas = 63.750.000, Total = 102.000.000. Artinya jika sekarang kita memiliki dua orang anak maka seharusnya kita sudah memiliki sejumlah 204.000.000 untuk biaya pendidikan mereka kelak.

Yang harus diingat adalah biaya tersebut adalah biaya masuk saja. Sedangkan untuk SPP dan uang sekolah lainnya harus kita anggarkan sendiri.

Keping emas 5 gram dan sertifikatnya

Bagaimana jika kita tidak memiliki sejumlah tersebut? Mulailah menabung dari sekarang. Sisihkan sebanyak yang kita mampu lalu konversikan menjadi emas batangan. Bagaimana jika uang yang kita sisihkan tidak cukup untuk sekedar membeli sekeping emas batangan?

Solusinya gampang. Pergilah ke Pegadaian lalu anda bisa mengkredit emas. Jangka waktu kredit dan besarnya gram emas bisa anda sesuaikan dengan kemampuan. Bunganya terhitung kecil. Rata-rata 1% per bulan. Misalkan anda mengkredit sekeping emas selama 10 bulan maka total bunga yang harus anda bayar adalah 10%. Anda masih mendapatkan return 10% karena rata-rata kenaikan harga emas per tahun adalah 20%.

Segera beraksi. Segera menabung. Boleh kredit, boleh kontan🙂

Koin emas di Pegadaian

Koin emas di Pegadaian

* Oleh-oleh dari kuliah umum “Strategi Keuangan & Kewirausahaan” oleh Iwan Hartawan, 21 Juni 2012 di PT LG Electronics Indonesia

7 responses to “Berapa total persiapan dana pendidikan per anak?

  1. Yang emas batangan beli dari toko emas dapat sertifikat juga tidak? kalo dilihat perhitungan di bawah yang biaya 150.000 biaya pembuatan di toko emas sedangakan di antam sebagai biaya sertifikatnya, betulkah ini?

    • Emas batangan yang dibeli dari toko emas juga buatan Antam, karenanya ada sertifikat Antam juga. Biaya tambahan tergantung dari kebijakan masing2 toko. Beberapa toko malah tidak mengenakan biaya tambahan sama sekali. Mereka mendapat untung hanya dari selisih harga beli dan harga jual saja🙂

  2. Membeli emas secara kredit dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah melalui pegadaian syariah terdekat di daerah anda. Pegadaian syariah memiliki program MULIA (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s