Geographical indications|Indikasi geografis dalam produk-produk pertanian, makanan dan industri kreatif

Indikasi geografis kini menjadi sangat penting karena ia adalah kualitas yang melekat pada produk-produk pertanian dan makanan yang merupakan aset sangat berharga yang memainkan peran penting dalam mempromosikan perdagangan dan mempengaruhi keinginan konsumen. Seperti halnya merek dagang, Identitikasi Geografis adalah alat pemasaran yang sangat berharga dimana reputasi sebuah perusahaan atau produsen dikaitkan dengan produknya. Pebisnis dan pemerintah Indonesia harus menyadari nilai dari alat pemasaran ini dan berusaha melindungi sejauh mungkin kepentingan bisnis ini dari pelanggaran oleh pihak-pihak lain.

Jika mengacu ke Amerika Serikat, di bawah undang-undang Merek Dagang di Amerika Serikat, istilah-istilah geografis tidak bisa didaftarkan sebagai mereka dagang jika mereka merupakan deskripsi geografis yang mana sebuah barang atau jasa berasal. Alasannya adalah produsen lain di wilayah tersebut harus bisa menggunakan istilah geografis tersebut untuk mendeskripsikan asal produk atau jasanya karena itu tak seorang pun bisa menghalangi orang lain untuk menggunakannya. Alasan lain adalah untuk melindungi konsumen. Jika sebuah produk atau jasa sengaja memalsukan deskripsi geografisnya maka konsumen akan rugi karena alasan utama pembelian produk atau jasa itu akibat reputasi yang melekat pada deskripsi geografis tersebut.

Salah satu produk pertanian yang marak dengan praktik pelanggaran Indikasi Geografis ini adalah kopi. Indonesia yang terdiri dari puluhan pulau besar, dengan aktivitas vulkanik yang tinggi sehingga memiliki beragam kondisi tanah dan lingkungan menghasilkan cita rasa kopi yang beraneka ragam dan berkualitas tinggi. Gayo Coffee yang berasalah dari dataran tinggi Aceh, lalu Toraja Coffee yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan adalah contoh beberapa Indikasi Geografis yang coba dipatenkan oleh pedagang-pedagang di luar negeri.

Ketamakan kapitalis yang berusaha mematenkan nama-nama dan deskripsi geografis Indonesia harus segera dihadang oleh pemerintah Indonesia. Apalagi dengan semaraknya industri kreatif dan pariwisata akhir-akhir ini kekayaan Indikasi Geografis Indonesia akan memainkan peran yang sangat penting dalam menopang industri tersebut dalam menciptakan produk-produk yang unik dan tidak mungkin dimiliki oleh negara lain.

 

Referensi:

http://www.uspto.gov/ip/global/geo graphical/faq/index.jsp

http://www.cikopi.com/2010/03/tidak-semua-luwak-suka-kopi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s