Toko golok, pisau dan benda-benda tajam di Cikarang Selatan

Toko kecil ini berada di Pasar Serang, Cikarang Selatan. Berada di lantai dasar dan posisinya agak ke utara. Saya menemukannya secara tidak sengaja ketika berjalan-jalan di pasar tradisional ini. Sejak itu setidaknya sudah tiga kali saya mengunjungi toko ini untuk membeli gergaji, pisau, golok dan batu asah.

Toko golok dan pisau - Pasar Serang, Cikarang Selatan

Toko golok dan pisau – Pasar Serang, Cikarang Selatan

Toko ini menjual berbagai benda tajam dan perkakas buatan pandai besi dari Bogor. Berdasarkan penuturan nenek pemilik toko ini, barang-barang tersebut ia dapatkan dari Jonggol, Cileungsi dan Hambalang.

Beberapa kali saya melihat golok dengan kualitas yang cukup bagus. Dan pagi itu saya tidak bisa menahan diri untuk membeli salah satu golok yang konon buatan pandai besi dari Hambalang.

Golok Hambalang

Golok Hambalang

Ada satu lagi pisau buatan pandai besi Jonggol yang cukup bagus akan tetapi harganya agak mahal. Untuk sebuah pisau tajam dengan bilah agak tebal dan sarung cukup cantik, si nenek memasang harga 150.000. Lebih mahal dari harga Golok Hambalang yang hanya 100.000. Saya coba tawar di harga 60.000 tetapi tidak dilepas.

Khusus untuk gergaji yang dijual di toko ini, jika dibandingkan dengan barang dengan harga yang sama di Ace Hardware, kualitasnya jauh lebih bagus. Ini terlihat dari mata gergajinya yang tajam.

Daftar belanja saya pagi itu adalah:

– 3 bilah pisau dapur: 45.000

– 1 buah Golok Hambalang: 100.000

– 1 buah gergaji potong Cap Mata: 90.000

– 1 buah batu asah merek Fukuda: 15.000

Tak terasa 250.000 (seperempat juta) saya habiskan untuk membeli perkakas dan benda tajam.

 

Golok Hambalang

Golok Hambalang

Pisau dapur

Pisau dapur

4 responses to “Toko golok, pisau dan benda-benda tajam di Cikarang Selatan

  1. Untuk Golok yang semacam itu biasanya di marking sebelah kiri nya ada tulisan Adam Per atau Dijamin… Itu buatan pandai Besi di Bogor, jika yang bagusan alangkah baiknya memakai buatan Cibatu Sukabumi atau Ciomas Banten. Sudah terkenal ketajaman dan kekuatan bilahnya serta seni di ukiran Gagang sarangka nya

    • Golok milik saya tertulis “Dijamin”. Sebagaian besar golok yang bagus di Cikarang buatan “Dijamin”. Ada juga buatan Banten (jika tidak salah Rangkasbitung). Saya malah belum pernah menemukan golok Cibatu Sukabumi dan Ciomas Bogor.

  2. untuk golok Cibatu dan Rangkasbitung Ciomas, jika Tuan hendak menyimpan sebagai koleksi atau untuk sehari-hari, saya menjualnya, silakan menghubungi saya, banyak koleksi saya untuk diperjualbelikan.

    Macam-macam Goloknya. tergantung untuk fungsi dan penggunaannya, silakan contact di biruku langitku akun fesbukku

  3. untuk golok Cibatu dan Rangkasbitung Ciomas, jika Tuan hendak menyimpan sebagai koleksi atau untuk sehari-hari, saya menjualnya, silakan menghubungi saya, banyak koleksi saya untuk diperjualbelikan.

    Macam-macam Goloknya. tergantung untuk fungsi dan penggunaannya, silakan contact di milyarder.karawang@gmail.com

Tinggalkan Balasan

