Nasi kuning selera Nusantara

Kadang-kadang terbersit rasa khawatir saat membeli nasi kuning di pedagang kaki lima. Jangan-jangan warna kuningnya memakai pewarna kimia yang tidak aman. Karena itu saya sering memasak nasi kuning sendiri dengan bumbu sekedarnya.

Bumbu utama nasi kuning adalah kunyit dan daun sereh. Kunyit sebagai pewarna kuning, daun sereh untuk menambah aroma spicy. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan irisan bawang merah dan bawang putih sesuai selera. Agar tidak terlalu hambar bisa ditambahkan sedikit garam.

Bumbu nasi kuning

Bumbu nasi kuning

Nasi kuning akan lebih nikmat jika disantap hangat dengan lauk kering, yaitu kering tempe dan kering kentang, serta abon. Supaya lebih sehat jangan lupa tambahkan sayuran seperti irisan timun dan wortel segar serta kacang panjang kukus/rebus. Sebagai penambah selera bisa ditambahkan bakwan jagung. Yummy!!

Nasi kuning selera Nusantara

Nasi kuning selera Nusantara

Kering tempe berasal dari Malang. Tempe Malang adalah tempe terenak di Indonesia. Abon ikan berasal dari Sulsel. Kemungkinan diproduksi di Sengkang. Kering kentang berasal dari Sidenreng Rappang. Selain abon ikan semua adalah homemade🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s